Pages

Jumat, 15 Februari 2013

Remidi

Search Engine
Mesin pencari atau Search engine adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan wwwftppublikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer server dalam suatu jaringan. Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia.
Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basisdata ataupun direktori web.

Berikut merupakan Search Engine yang ada didunia

  1. A9.
    A9
    diciptakan oleh Amazon.com pada tahun 2003 sebagai sebuah perusahaan independen bertujuan untuk menghasilkan kemajuan teknologi dalam Pencarian dan Periklanan.

    Alamat search engine A9 : http://www.a9.com/
  2. AOL

    AOL Inc.  dulunya adalah perusahaan America Online, Inc., dan merupakan penyelenggara jasa Internet global yang berpusat di New York dan sebelum berstatus publik sejak tanggal 9 Desember 2009, AOL dioperasikan oleh perusahaan Time Warner. Pada saat ini AOL melayani banyak perusahaan dalam hal layanan Internet di berbagai negara di dunia, sehingga menjadikan AOL sebagai ISP bersifat Internasional dengan jumlah pelanggan mencapai 30 juta pengguna.
    Alamat search engine AOL : http://www.aol.com/



  3. AllTheWeb


    Alltheweb adalah salah satu search engine yang tergabung dalam jaringan Yahoo. Alltheweb bergabung dengan yahoo pada 25 maret 2004. Alltheweb bisa menjadi salah satu search engine pilihan, pencarian alltheweb meliputi : Web, News, Picture, Video/Audio
    Alamat search engine Alltheweb : http://www.alltheweb.com/

  4. Altavista

    Altavista dikeluarkan pada Desember 1995 oleh Digital Equipment Corporation's (DEC). Altavista merupakan mesin pencari yang didirikan oleh digital corp. altavista mempunyai kelebihan dalam pencarian canggih dengan menggunakan operator Boolean AND, OR, (), NOT, NEAT, ", *. Kelebihan ini akan mempermudah kita untuk mencari informasi lebih spesifik.
    Alamat search engine Altavista : http://www.altavista.com/


  5. Ask
    Ask didirikan tahun 2000 oleh tim Profesor Apostolos Gerasoulis dari Universitas Rutgers, New Jersey. Ask waktu itu terkenal dengan kecepatan link algoritma-nya, yang digunakan pada subyek tertentu di halaman web, sehingga dapat digunakan untuk menganalisis peringkat web. Semakin tinggi peringkat web, maka semakin pula link dari halaman lain di halaman web tersebut.
    Alamat search engine Ask : http://www.ask.com/

  6. Bing
    Bing merupakan mesin pencari website yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing ini merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search. Produk mesin pencari yang baru ini secara resmi diluncurkan pada tanggal 3 Juni 2009 menggantikan mesin pencarian sebelumnya, yaitu Live Search. Bing diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni teknologi PowerSet. Teknologi ini memungkunkan pengguna untuk memperoleh hasil yang lebih akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Windows Skydrive, Facebook, dan e-mail. Bing mengelompokan pencarian berdasarkan empat katagori, yaitu :

    1. Web untuk pencarian halaman situs atau website
    2. Images untuk pencarian gambar
    3. News untuk pencarian berita
    4. xRank untuk pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing

    Alamat search engine Bing : http://www.bing.com/

  7. Baidu
    Perusahaan Perseroan Terbatas Teknologi Internet Baidu didirikan pada tahun 1999, bisnis utama pada masa permulaan adalah menyediakan teknologi pelacak kepada situs web berukuran besar. Satu tahun kemudian, pendiri Baidu Robin Yanhong Li dan Eric Yong Xu memutuskan pembukaan situs web pelacak profesional independen dengan nama "Baidu". Baidu merupakan Search Engine berbasis bahasa Cina, namun mampu menjadi pioner yang dapat mengalahkan Google dari sisi penggunaannya yang berbahasa Cina. Tingkat kunjungannya pun tingi, hingga melebihi 1 Miliar per harinya

    Alamat search engine Baidu : http://www.baidu.com/

  8. Cuil
    Cuil didirikan dan dikembangkan oleh Anna Patterson bersama suaminya Tom Costello. Anna Patterson merupakan mantan insinyur Google yang keluar dari Google tahun 2006. Anna dan Tom juga dibantu pleh 2 orang mantan insinyur Google, Russell Power dan Louis Moiner. Cuil juga didukung oleh dana sebesar $ 33 Juta. Dari segi tampilan, Cuil lebih menarik dari Google. Cuil menampilkan format seperti majah online dan dalam sebuah pencarian akan ditampilkan juga link dan foto yang berkaitan dengan yang dicari tidak seperti Google yang hanya tilisan saja
    Menurut Anna Patterson, Russell Power, dan Louis Monier, para mantan pegawai Google ini, Cuil tiga kali lebih cepat dibandingkan Google, dan memiliki 120 miliar index halaman, lebih banyak daripada milik Google dan akan terus bertambah dalam beberapa waktu kedepan. Mereka juga mengklaim, bahwa pengunjung Cuil lebih banyak dari pada Google, walaupun tanpa angka yang pasti.

    Alamat search engine Cuil : http://www.cuil.com/

  9. Deja News
    Deja News memiliki kekhususan sebagai search engine untuk mencari berita-berita diskusi dengan fasilitas "deja discussion", rating product dengan fasilitas "deja rating" dan fasilitas "deja communities" dengan data dari usenet, news group maupun posting yang dikirim melalui web. Search engine ini sangat membantu bagi yang membutuhkan mencari informasi yang sangat spesifik. Keunggulan lain adalah kemampuannya memberikan informasi yang cukup detail tentang "news reading" dan posting-posting yang dikirim lewat WEB

    Alamat search engine Deje news : http://www.dejanews.com/

  10. Google
    Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa diUniversitas Stanford. Mereka berdua memiliki saham pada perusahaan sebesar 16 persen. Pada awalnya, perusahaan ini dibentuk sebagai perusahaan saham pribadi pada 4 September 1998. Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus2004. Sejak awal, misi dari perusahaan ini adalah "To organize world's Information and make it universally accessible and useful" (Untuk mengatur seluruh informasi di dunia dan membuatnya bisa diakses dan berguna bagi semua orang), dan slogan tidak resminya adalah "Don't Be Evil" (Janganlah menjadi jahat). Tahun 2006 perusahaan ini melakukan perpindahan markas ke Mountain View, California.Perkembangan sejak perusahaan ini dibuka telah mencetuskan berbagai macam produk,Merger, dan persekutuan dibalik mesin pencari perusahaan ini. Perusahaan ini menawarkan perangkat lunak produktivitas online diantaranya email, paket aplikasi perkantoran, dan situs jejaring sosial. Produk Google juga diperluas ke komputer pribadi, dengan aplikasi untuk menjelajah web, mengatur & menyunting foto, and pesan instan. Google memimpin perkembangan dari Android, sistem operasi mobile, juga Google Chrome OS sistem operasi berbasis web, yang ditemukan pada netbook khusus yang dinamakan Chromebook.Google telah diperkirakan sudah menjalankan satu juta server di pusat data di seluruh dunia, dan telah memproses lebih dari satu milyar pencarian dan sekitar dua puluh empat petabyte data dari pengguna setiap hari.Per September 2009, Alexa menyamtumkan situs utama Google.com (yang terfokus pada Amerika Serikat) sebagai website yang paling banyak dikunjungi di Internet, dan website Google Internasional lainnya di seratus teratas, juga website-website yang dimiliki Google seperti YouTube, Blogger and Orkut. Google juga di peringkat nomor dua di database brand equity, BrandZ. Posisi pasar yang dominan dari lanan Google berperan sebagai sumber kritik pada perusahaan ini dari masalah privasi, hak cipta, dan sensor.

  11. Yahoo!
    Yahoo! Inc.  adalah sebuah perusahaan Internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini terkenal karena portal webnya, serta mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo! Finance, Yahoo! Groups, Yahoo! Answers, situs dan layanan periklanan,peta daring, berbagi video, olahraga fantasi dan media sosialnya. Yahoo! adalah salah satu situs web terbesar di Amerika Serikat. Menurut sumber berita, sekitar 700 juta orang mengunjungi situs-situs Yahoo! setiap bulannya. Yahoo! sendiri mengklaim bahwa mereka berhasil menarik "lebih dari setengah miliar pengunjung setiap bulannya ke situs-situsnya yang memiliki 30 bahasa."

    Yahoo! Inc. didirikan oleh Jerry Yang dan David Filo pada bulan Januari 1994 dan dibentuk pada 1 Maret 1995. Pada tanggal 16 Juli 2012, mantan eksekutif Google, Marissa Mayer, ditunjuk sebagai CEO dan Presiden Yahoo!, efektif 17 Juli. Yahoo telah mengangkat satu CEO setiap tahun selama lima tahun terakhir.


0 komentar:

Posting Komentar